Minggu, 28 Agustus 2011

Semprotan Cabai Bisa Obati Sinus



img(Foto: thinkstock)
Jakarta, Pedasnya cabai dapat membuat orang kepanasan. Tapi sebuah penelitian baru yang dilakukan University of Cincinnati menemukan bahwa semprotan hidung yang mengandung bahan cabai pedas (Capsicum annum) dapat membantu orang mengatasi peradangan sinus dan hidung tersumbat.

Penelitian yang termuat dalam Annals of Allergy, Asthma & Immunology edisi Agustus 2011 ini membandingkan penggunaan semprot hidung Capsicum annum dengan semprot hidung plasebo pada 44 orang yang mengalami rinitis non alergi seperti hidung tersumbat, nyeri sinus, tekanan sinus selama dua minggu.

Cabai pedas mengandung capsaicin yang merupakan komponen utama dari cabai dan menghasilkan sensasi panas. Capsaicin juga merupakan bahan aktif dalam beberapa obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit sementara. Obat tersebut telah disetujui untuk digunakan oleh US Food and Drug Administration (FDA) dan tersedia di toko obat.

"Pada dasarnya, kami menyimpulkan bahwa semprotan itu aman dan efektif mengatasi rinitis non alergi," kata peneliti alergi Jonathan Bernstein, MD seperti dikutip dari eurekalert.org (26/8/2011).

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta yang menggunakan semprot hidung Capsicum melaporkan perbaikan gejala yang lebih cepat dibandingkan semprotan plasebo, rata-rata dalam satu menit setelah menggunakan spray.

Rhinitis non-alergi adalah gangguan pada saluran pernapasan atas yang tidak disebabkan oleh alergi melainkan disebabkan oleh faktor lingkungan seperti bahan kimia rumah tangga, cuaca atau parfum. "Namun, ada beberapa orang yang tidak tahu apa yang memicu dan menyebabkan peradangan," ujar Bernstein.

Ini adalah uji coba terkontrol pertama di mana capsaicin mampu digunakan secara terus menerus untuk mengontrol gejala rhinitis. "Hingga kini kita tidak benar-benar memiliki terapi yang baik untuk rhinitis non-alergi," kata Bernstein.



sumber : Putro Agus Harnowo - detikHealth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar