Kamis, 15 September 2011

Sukun sebagai obat alami


Manfaat sukun. Sukun merupakan salah satu tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat. Bahkan sebelum masyarakat nusantara mengenal padi, mereka sudah memanfaatkan sukun sebagai bahan makanan pokok.

Pohon sukun jika suda tumbuh besar  memiliki penampakan yang tinggi besar. Bahkan tingginya dapat mencapai sekitar 20-40 meter, batang pokoknya tegak. Selain itu, penampilan pohon sukun amat indah dan anggun, sehingga pernah saya melihat tanaman ini sengaja ditanam di depan perumahan elit.

Manfaat tanaman sukun sebagai obat alami
Sepeerti dikutip republika, dalam beberapa hal, sukun memiliki banyak keunggulan, yaitu: kandungan protein sukun segar lebih tinggi daripada ubi kayu, begitu juga kandungan karbohidratnya, lebih tinggi dari ubi jalar atau kentang, dan dalam bentuk tepung, nilai gizinya kurang lebih setara dengan beras.

Manfaat sukun lainnya dapat digunakan sebagai pilihan dalam diet rendah kalori, mengingat kandungan kalori buah sukun lebih rendah dibanding beras, namun memiliki vitamin dan mineral yang lebih lengkap. Selain itu kandungan seratnya yang cukup tinggi baik untuk sistem pencernaan.

Bagian-bagian lain dari tanaman sukun yang telah diketahui sangat bermanfaat bagi manusia adalah biji, bunga dan daunnya. Di Melanesia dan New Guinea bijinya dapat disangrai atau direbus seperti chestnut. Bunganya dapat diramu sebagai obat yakni untuk menyembuhkan sakit gigi dengan cara dipanggang lalu digosokkan pada gusi yang giginya sakit.

Daunnya selain bisa digunakan untuk pakan ternak, juga dapat diramu menjadi obat. Di India bagian barat, ramuan daunnya dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan meringankan asma. Daun yang dihancurkan
diletakkan di lidah untuk mengobati sariawan. Sari perasan daun bahkan digunakan untuk obat tetes telinga.

Selain itu abu daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi kulit. Bubuk dari daun yang dipanggang digunakan untuk mengobati limpa yang membengkak. Getah tanaman digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Sedangkan getah yang ditambah air jika diminum dapat mengobati diare.


Sebagai penganan makanan ringan sukun biasa diolah menjadi keripik sukun. Rasanya unik dan enak jika sudah dibuat keripik sukun ini. Atau lebih baik anda cukup merebusnya saja supaya lebih bersifat alami.

Itulah sedikit penjabaran tentang manfaat sukun sebagai obat alami. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar