Senin, 03 Oktober 2011

Memahami Pengobatan Herbal China Kuno (Bagian 2)

Nama latin Huangqi adalah Astragalus
Nama latin Huangqi adalah Astragalus



Tanaman herbal adalah substansi alami, namun mereka sejenis obat-obatan. Mereka mempunyai efek samping minimum ketika dipetik di waktu dan kondisi yang tepat. Bila tidak, mereka akan berbahaya. Sebagai contoh, Huangqi yang dipetik harus digunakan dengan hati-hati pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau demam tinggi berkaitan dengan infeksi akut.
Penting bagi seseorang yang ingin memanfaatkan tanaman herbal China untuk berkonsultasi pada dokter ahli pengobatan China atas evaluasi yang berdasar teori dan teknik diagnostik pengobatan China, termasuk pembacaan denyut nadi dan lidah.
Ketika memeriksa pasien, pertama praktisi medis China harus mengidentifikasi garis meridian dan sistem organ mana yang tidak seimbang. Sebagai contoh, garis meridian hati dan perut sering berpengaruh pada kesulitan pencernaan. Praktisi harus menentukan sifat alami yang mengalami ketidakseimbangan energi, seperti terlalu banyak atau sedikit energi, atau energi yang stagnan, terhalang, atau bergerak ke arah yang salah.
Ambil contoh Esophageal Reflux, energi hati yang mengalami stagnasi mungkin akan mempengaruhi aliran normal energi perut, yang bergerak ke arah yang salah. Jika pada kondisi kronis, pasien akan mengalami kelelahan yang parah dan malnutrisi.
Keresahan emosional, kemarahan, dan terutama dendam sering menyebabkan stagnasi energi hati. Pasien dengan ini jenis ketidakseimbangan ini, mungkin juga akan menderita migren, depresi, insomnia, penyakit perut (kram, sembelit, atau diare), dan sakit kronis di jaringan dalam.
Ketika seorang dokter ahli pengobatan China telah mendapatkan semua informasi dan sampai pada suatu diagnosa mengenai ketidakseimbangan energi, pengobatan China yang secara spesifik diformulasikan untuk pasien tersebut akan disiapkan.
Dalam banyak kasus, ada empat jenis tanaman herbal yang masuk dalam formula. Pertama disebut kaisar. Kaisar mewakili tanaman herbal yang merawat gejala utama dan penyebab mendasarnya.
Kedua disebut menteri. Menteri membantu kaisar untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan juga membantu merawat gejala dan penyebab mendasar.
Ketiga disebut Asisten. Asisten adalah tanaman herbal yang membantu baik kaisar maupun menteri namun juga menyelaraskan formula dan mengurangi kemungkinan adanya racun dan efek samping.
Keempat disebut duta besar. Duta besar adalah tanaman herbal yang memastikan rumusan akan menjangkau organ tubuh dan garis meridian yang ditargetkan. Masing-masing jenis mungkin akan berisi lebih dari satu tanaman.
Umumnya, pasien akan membuat ramuan hasil rebusan yang berasal dari tanaman herba mentah, diikuti instruksi dan prosedur spesifik, dan minum ramuan dua kali sehari, biasanya tanpa makanan. Ramuan dapat juga dibuat dalam bentuk kapsul yang menggunakan ekstrak konsentrat tanaman herbal.
Pasien sering disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dingin, mentah, pedas atau makanan berbumbu.
Biasanya, akupunktur diberikan setiap hari, tetapi di AS, akupunktur sangat jarang digunakan. Untuk merawat kondisi medis yang kronis dan komplikasi, serta pasien yang sangat kekurangan energi, penambahan pengobatan tanaman herbal China pada akupunktur dapat sangat membantu.
Sumber : Epochtimes.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar